Selamat Datang

Selamat datang di blog Blogsa[ja].com. Kami memandu dan melayani Anda untuk tampil online secara lebih menarik dan interaktif. Silahkan membuat blog sendiri dengan menggunakan tulisan di blog ini untuk memandu Anda. Bila Anda ingin tampil online tetapi tidak mempunyai waktu untuk melakukan sendiri, kami siap membantu Anda. Silahkan pilih produk yang Anda inginkan dan hubungi kami. Atau, kirimkan nama Anda dan nama blog yang Anda inginkan, kami akan MEMBUATKAN GRATIS untuk Anda.


Kamis, 05 Juli 2012

Apa Sebenarnya Itu Kepala, Badan, Bilah, dan Kaki Blog?

Dari: Making a Three Columns Blog
Pada tulisan sebelumnya saya sudah menyinggung kepala, badan, bilah dan kaki blog. Supaya menjadi semakin jelas bagi Anda, saya akan membahasnya kembali secara lebih rinci. Pemahaman mengenai kepala, badan dan kaki blog ini diperlukan untuk melakukan pengaturan lebih lanjut mengenai tampilan blog Anda, lebih-lebih nanti setelah Anda menguasai HTML. Bahkan meskipun Anda belum menguasai HTML, dan juga tidak punya waktu untuk mempelajari HTML, Anda tetap perlu memahami bagian-bagian tampilan blog ini untuk bisa melakukan pengaturan tataletak melalui pilihan Tata Letak yang akan saya bahas pada tulisan saya selanjutnya.


Kepala blog (header) menampilkan judul blog dan deskripsi blog di bawah judul. Judul blog dapat diisi dengan foto. Di sebelah atas atau bawah kepala kepala Anda dapat menambahkan menu drop down. Lebar kepala sesuai dengan lebar seluruh blog yang Anda sudah tetapkan sebelumnya melalui pilihan Sesuaikan Lebar pada halaman Perancang Template Blogger. Tinggi kepala juga bisa Anda atur, tetapi untuk itu Anda harus melakukannya dengan mengklik kotak Edit HTML pada halaman Template. Karena harus melakukan pengeditan HTML maka Anda perlu menguyasai HTML sebelum melakukannya.

Badan blog (main) memuat seluruh tulisan yang sudah Anda publikasikan, dengan menayangkan tulisan terbaru paling atas dan tulisan-tulisan sebelumnya di bawahnya. Di bawah setiap tulisan juga akan tampil kotak komentar untuk memberikan kesempatan kepada pengunjung berinteraksi dengan Anda dan pilihan-pilihan lain untuk mengatur bagaimana Anda ingin berinteraksi dengan pengunjung. Mungkin Anda berpikir, bila seluruh tulisan ditampilkan dalam badan blog, betapa panjangnya badan blog nanti setelah Anda mempublikasikan banyak tulisan. Beberapa blog, terutama yang dibuat oleh pemula, memang membuatnya demikian, membiarkan seluruh tulisan tampil di beranda blog sehingga halaman beranda menjadi sangat panjang ke bawah. Saya tidak ingin Anda melakukan itu sebab akan membuat blog menjadi tampil kurang menarik. Pada tulisan berikutnya saya akan menjalskan bagaimana cara melakukan melalui pengatutan Tata Letak.

Bilah blog (sidebar) merupakan tempat bagi Anda untuk meletakkan berbagai macam gadget/widget untuk meningkatkan fungsionalitas blog Anda. Anda dapat membayangkan gadget/widget blog sebagai peralatan khusus untuk menjalankan fungsi-fungsi tertentu. Perhatikan misalnya blog ini mempunyai dua bilah, bilah kiri dan bilah kanan karena masing-masing saya tempatkan di sebelah kiri dan kanan badan blog. Kemudian, di bagian atas bilah kiri blog ini saya menempatkan garget/widget Translate dan di bagian atas bilah kanan saya menempatkan gadget/widget Telusuri Blog Ini. Gadget/Widget Translate saya pasang untuk memungkinkan pengunjung bukan pengguna Bahasa Indonesia dapat menerjemahkan blog dan tulisan saya ke bahasanya sendiri. Gadget/widget Telusuri blog ini saya pasang agar pengunjung dapat melakukan penelurusan isi blog maupun hal-hql lain sebagaimana halnya melakukannya di halaman Google. Pada bagian bilah ini Anda dapat menambahkan gadget/widget bawaan Blogger maupun gadget/widget dari luar.

Tentu saja Anda tidak perlu menambahkan terlalu banyak gadget/widget ke dalam bilah. Anda perlu menambahkan gadget/widget untuk meningkatkan fungsionalitas blog, bukan justeru untuk membuat tampilan blog menjadi ruwet. Perlu Anda catat bahwa penambahan gadget/widget, terutama yang berasal dari luar ke dalam bilah blog dapat memperlambat blog Anda dapat ditampilkan oleh peramban. Ini berarti pengunjung harus menunggu lama. Bila demikian, pengunjung mungkin akan meninggalkan blog Anda untuk mengunjungi blog atau website lain. Karena itu, gunakan bilah untuk menambahkan gadget/widget yang benar-benar perlu. Sekedar sebagai informasi awal, bilah juga dapat digunakan untuk menampilkan iklan, misalnya setelah nanti Anda bergabung dengan AdSense.

Kaki blog (footer) sebenarnya juga mempunyai fungsi yang kurang lebih sama dengan bilah blog. Pada bagian ini Anda dapat menempatkan berbagai jenis gadget dan widget. Namun Anda perlu membedakan, gadget/widget mana yang sebaiknya diletakkan pada bagian kaki dan jenis mana yang sbaiknya Anda tempatkan pada bilah. Dengan mengkategorikan bilah menjadi yang tampil pada bilah dan yang tampil pada kaki blog maka Anda juga sekaligus memudahkan pengunjung melakukan navigasi. Ingat, pengunjung adalah raja. Kita perlu memperlakukan pengunjung sebagai tamu terhormat, bukannya justeru mempersulit mereka sebagaimana yang dikatakan oleh teman saya.

Bila Anda menguasai HTML, Anda akan mengetahui bahwa bagian kepala blog dapat Anda atur melalui bagian header-wraper, bagian badan melalui main-wraper, bagian bilah melalui sidebar-wraper, dan bagian footer melalui footer-wraper. Segala sesuatu yang berada di luar kepala, badan, bilah, dan kaki blog dapat Anda atur melalui outer-wraper. Sekali lagi, bila belum menguasai HTML, Anda tidak perlu mengutak atik apapun melalui Edit HTML. Lagi pula, saya membuat blog ini terutama bagi Anda yang tidak menguasai HTML atau bagi Anda yang tidak mempunyai waktu untuk belajar HTML tetapi ingin mempunyai blog.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih Anda telah meluangkan waktu untuk menyampaikan komentar ...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...