Selamat Datang

Selamat datang di blog Blogsa[ja].com. Kami memandu dan melayani Anda untuk tampil online secara lebih menarik dan interaktif. Silahkan membuat blog sendiri dengan menggunakan tulisan di blog ini untuk memandu Anda. Bila Anda ingin tampil online tetapi tidak mempunyai waktu untuk melakukan sendiri, kami siap membantu Anda. Silahkan pilih produk yang Anda inginkan dan hubungi kami. Atau, kirimkan nama Anda dan nama blog yang Anda inginkan, kami akan MEMBUATKAN GRATIS untuk Anda.


Kamis, 05 Juli 2012

Bagaimana Mengatur Tampilan Blog Supaya Lebih Menarik?

Dari: Default Blogger Template
Sebelumnya saya menyarankan Anda membuat blog dengan menggunakan kerangka (template) Mudah. Bila Anda kurang puas dengan tampilan Mudah yang telah Anda pilih, Anda dapat menggantinya dengan pilihan kerangka Mudah yang lain. Anda bisa memilih satu dari tujuh kerangka dalam kelompok Mudah. Anda juga bisa memilih kerangka dari kelompok Jendela Gambar, PT Keren Sekali, Tanda Air, Kelembutan, dan Perjalanan, bergantung pada tema blog Anda. Benar, Anda perlu menyesuaikan kerangka blog dengan tema blog yang Anda buat.


Mengapa? Setiap kelompok kerangka blog memang sudah disiapkan untuk tema blog tertentu. Misalnya, kerangka dalam kelompok Jendela Gambar diperuntukkan bagi blog yang berisi banyak foto, kerangka dalam kelompok Perjalanan dikhususkan untuk blog bertemakan perjalanan. Selain itu, setiap kerangka tampilan mempunyai warna yang berdeda-beda yang masing-masing cocok untuk tema tertentu. Akan menjadi aneh misalnya bila kita membuat blog matakuliah dengan menggunakan kerangka berwarna pink.

Warna latar sangat menentukan dalam membuatn pengunjung menjadi nyaman ketika membaca tulisan di blog kita. Sebagaimana dalam memilih gaya bahasa dan pemilihan kata-kata yang saya lakukan dengan mempertimbangkan pengunjung, memilih warna juga saya lakukan dengan mempertuimbangkan kenyamanan pengunjung. dari pengalaman saya selama ini, saya selalu mengalami kesulitan dan mudah menjadi lelah bila harus membaca tulisan dengan warna latar yang mencolok. Saya mengalami kesulitan membaca blog seorang rekan anggota partai membuat blog dengan warna latar sesuai dengan warna partainya yang mencolok. Saya juga mengalami kesulitan membaca blog seorang rekan lain yang menyukai warna hitam dan kemudian menggunakan warna hitam sebagai warna latar blognya. Karena itu, saya cenderung memilih kerangka dengan warna dasar putih atau setidak-tidaknya bernuansa putih atau warna-warna lembut. Tentu saja saya bukan berarti saya menyarankan Anda  untuk selalu memilih warna-warna pucat. Anda perlu mengkombinasikan warna sebagaimana Anda memadupadan warna dalam berpakaian. Anda akan ditertawakan bila ke pesta nikah menggunakan pakaian dengan gaya dan warna yang biasa untuk digunakan pergi ke pantai.

Selain tema dan warna, kita juga perlu memperhatikan keruwetan kerangka. Saya menyarankan penggunaan kerangka dalam kelompok Mudah karena saya lebih menyukai blog yang tampil sederhana tetapi informatif. Seorang rekan yang baru belajar membuat blog dengan tampilan yang sedemikian rumit sehingga pada saat mengunjungi blognya saya menjadi bingung sendiri saya harus mengklik di bagian mana. Kata teman saya, dia sengaja membuat tampilan ruwet supaya pengunjung menjadi rada-rada bingung sehingga berada lama di halaman blognya. Percayalah, saya berani mengatakan sebaliknya. Saya akan segera keluar dari blog dengan tampilan ruwet sebab masih banyak blog lain yang dapat saya kunjungi untuk mencari apa yang saya inginkan.

Anda dapat memilih kerangka blog di Blogger dengan terlebih dahulu kembali ke dasbor dan kemudian mengklik kotak dengan tanda segitiga terbalik lalu memilih menu Template. Setelah memilih dan menerapkan satu kerangka untuk blog Anda, lakukan pengubahsuaian dengan mengklik kotak Ubahsuaikan untuk melakukan perubahan terhadap kerangka yang Anda pilih melalui halaman Perancang Template Blogger. Untuk melakukan pengubahan, sebenarnya Anda juga dapat melakukannya dengan mengedit HTML, tetapi bila Anda kurang menguasai HTML sebaiknya jangan dulu melakukannya. Melalui menu Perancang Template Blogger, Anda dapat melakukan pengubahan tampilan blog dengan memilih pengaturan Template, Latar Belakang, Sesuaikan Lebar, Tata Letak, dan Tingkat Lanjut. Melalui pilihan Template, Anda kembali dapat memilih template, seandainya Anda masih belum puas dengan kerangka yang sudah Anda pilih. Melalui pilihan latar belakang Anda dapat memasukkan foto sebagai latar belakang blog. Anda dapat menyesuaikan lebar blog dan lebar bilah pinggir melalui pilihan Sesuaikan Lebar.

Sebelum mengatur lebar melalui pilihan Sesuaikan lebar, sebaiknya lakukan pengaturan tataletak terlebih dahulu. Sebelumnya perlu saya sampaikan bahwa tampilan blog terdiri atas bagian kepala, badan, bilah, dan kaki. Mengatur tataletak bertujuan untuk mengatur bagaimana bilah samping dan kaki ditampilkan. Kita bisa memilih blog tanpa bilah samping, dengan satu atau lebih bilah samping, bilah samping diletakkan di kiri dan kanan badan blog, atau di kiri atau di kanan badan blog saja. Untuk bagian kaki, kita bisa memilih kaki yang terdiri atas satu, dua atau tiga kolom. Untuk sementara saya menganjurkan Anda memilih blog dengan satu bilah saja dahulu dan kaki dengan dua kolom. Kemudian Anda perlu menyesuaikan lebar blog dan bilah dengan mengklik pilihan Sesuaikan lebar dan kemudian menggeser tombol geser yang tersedia untuk menyesuikan lebar yang Anda inginkan.

Sudah selesai? Gulung ke bawah dengan menggunakan tomboh tengah tetikus untuk melihat perubahan yang terjadi pada tampilan blog Anda. Bila Anda sudah puas maka selesai sudah. Klik tombol Terapkan ke blog di bagian kanan atas layar lalu klik tombol Lihat blog untuk memeriksa sekali lagi secara teliti, dan kalau Anda sudah puas, klik tombol Kembali ke Blogger untuk kembali ke halaman blog. Bila Anda belum puas, klik kembali pilihan Template, lalu klik kotak Ubahsuaikan untuk kembali ke halaman Perancang Template Blog. Untuk melakukan pengaturan lebih lanjut, klik pilihan Tingkat lanjut untuk bisa melakukan pengaturan secara rinci mengenai Teks Laman, Latar, Link, Judul Blog, Deskripsi Blog, Teks Tab, Latar Tab, Judul Posting, Header Tanggal, Catatan Kaki Entri, Gadget, Gambar, Aksen, Mobile Button Color, dan Tambahkan CSS (Cascading Style Sheet). Semua pilihan ini berkaitan dengan pengaturan jenis dan ukuran huruf serta pewarnaan, kecuali pilihan yang terakhir. Untuk pilihan selain yang terakhir, silahkan Anda mencoba-coba sendiri dengan memilih jenis dan ukuran huruf yang Anda inginkan. Untuk pilihan yang terakhir, sebaiknya jangan melakukan apapun bila Anda belum memahami apa itu CSS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih Anda telah meluangkan waktu untuk menyampaikan komentar ...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...