Selamat Datang

Selamat datang di blog Blogsa[ja].com. Kami memandu dan melayani Anda untuk tampil online secara lebih menarik dan interaktif. Silahkan membuat blog sendiri dengan menggunakan tulisan di blog ini untuk memandu Anda. Bila Anda ingin tampil online tetapi tidak mempunyai waktu untuk melakukan sendiri, kami siap membantu Anda. Silahkan pilih produk yang Anda inginkan dan hubungi kami. Atau, kirimkan nama Anda dan nama blog yang Anda inginkan, kami akan MEMBUATKAN GRATIS untuk Anda.


Kamis, 05 Juli 2012

Apa Lagi yang Dapat Anda Lakukan untuk Membuat Blog Tampil Lebih Menarik?

Dari: Coretan Tangan
Apa lagi yang dapat Anda lakukan untuk membuat blog Anda tampil lebih menrik. Sebagaimana yang sudah saya sampaikan berulang kali, Anda tidak perlu menguasai HTML untuk membuat blog yang tampil menarik. Setelah mengatur melalui pilihan Template, Anda bisa melakukan pengaturan lebih lanjut melalui pilihan Tata Letak. Silahkan kembali ke dashbor, klik tanda segitiga terbalik di sebelah kanan nama blog Anda, lalu pilih Tata Letak.


Anda akan sampai pada halaman pengaturan tataletak blog. Yang dimaksud dengan tataletak di sini adalah tataletak dalam hal Anda mengatur isi kepala, badan, bilah, dan kaki blog dan meletakkan gadget/widget di dalam bilah. Bila blog Anda belum mempunyai gadget/widget, yang sudah terisi mungkin baru bagian kepala yang berisi nama blog Anda dan bagian badan yang dinamakan, sesuai dengan fungsinya, Posting Blog. Di sebelah atas atas kepala terdapat kotak Favicon di sebelah kiri dan kotak Navbar di sebelah kanan dan di bagian paling bawah akan terdapat kotak Attribution.

Setiap kotak yang sudah terisi akan tampil dengan warna putih dengan tulisan Edit pada bagian kanan bawah kotak. Kotak yang belum terisi akan berwarna putih kebiru-biruan dengan tulisan Tambah Gadget di bagian tengahnya. Untuk kotak yang telah terisi, Anda dapat melakukan perubahan dengan mengklik tulisan Edit. Untuk kotak yang masih kosong, Anda dapat mengisinya dengan gadget/widget tertentu dengan mengklik tulisan Tambah Gadget. Misalnya, bila Anda mengklik kotak kepala yang berisi tulisan nama blog Anda maka akan tampil menu munculan Konfigurasikan Header yang terdiri atas pilihan isian Judul Blog, Deskripsi Blog, dan Gambar. Judul Blog berisi judul blog Anda, sedangkan Deskripsi Blog dapat Anda gunakan untuk menuliskan uraian singkat mengenai blog yang akan tampil di bawah judul blog. Gambar dapat Anda isi dengan mengunggah atau menggunakan yang gambar yang sudah ada atau gambar dari Internet. Untuk menampilkan gambar di bagian kepala blog, Anda diberikan tiga pilihan. Silahkan Anda coba sendiri pilihan mana yang Anda sukai.

Kotak Favicon Anda gunakan untuk menempatkan ikon favorit bagi blog Anda guna menggantikan ikon Blogger. Ikon dapat buat dengan menggunakan program palikasi khusus untuk membuat ikon yang banyak tersedia online. Anda perlu mengedit Navbar untuk memilih pita navigasi yang tampil di atas blog Anda. Untuk sementara, Anda belum perlu melakukan apapun di kedua kotak ini. Anda dapat mengatur nanti bila Anda sudah merasakan perlu untuk mengaturnya. Yang sekarang perlu Anda lakukan adalah mengatur Posting Blog dengan mengklik kata Edit yang terdapat dibagian kanan bawah kotak. Setelah Anda mengklik kata Edit maka Anda akan dibawa ke menu munculan Mengonfigurasi Posting Blog yang terdiri atas bagian Opsi Laman Utama, Opsi Laman Entri, dan Susun Item.

Pada bagian Opsi Laman Utama, Anda dapat mengatur jumlah tulisan (posting) yang akan tampil di halaman utama (beranda) blog. Anda dapat mengatur jumlah tampilan berdasarkan jumlah hari Anda mempublikasikan tulisan atau jumlah tulisan kemudian mengetikkan angkanya di dalam kotak yang tersedia. Sebaiknya jangan menampilkan terlalu banyak tulisan sehingga halaman beranda blog Anda tidak menjadi terlalu panjang ke bawah, lebih-lebih bila Anda tidak menggunakan fitur Jump break untuk memotong bagian tulisan yang akan tampil di halaman utama. Tulisan Baca selengkapnya pada bagian tulisan di tempat Anda meletakkan Jump break dapat Anda ganti dengan menuliskan dalam kotak teks tautan laman entri.

Pada bagian Opsi Laman Entri Anda dapat mengaktifkan atau mematikan tampilan berbagai pilihan yang disediakan. Misalnya, bila Anda ingin tanggal ditampilkan di atas atau bawah judul tulisan, klik kotak di sebelah kanan opsi tanggal. Demikian juga bila Anda ingin nama penulis ditampilkan, Anda perlu mengklik kotak di sebelah kiri opsi nama penulis. Mengaktifkan opsi ini penting bila blog Anda mempunyai penulis kontributor guna menayangkan nama penulis setiap tulisan. Tentu saja Anda tidak perlu mengaktifkan semua opsi sebab akan membuat tampilan tulisan Anda menjadi ruwet. Opsi-opsi yang sebaiknya Anda aktifkan adalah opsi Komentar, Link ke posting ini, Tampilkan tombol berbagi, dan Lokasi. Untuk opsi komentar, Anda perlu mengisi berapa komentar yang nantinya akan tampil di bawah tulisan. Opsi-opsi ini perlu Anda aktifkan supaya selain menarik, blog Anda juga tampil interaktif. Saya akan menguraikan mengenai hal ini pada tulisan selanjutnya. Setelah Anda memilih Opsi Laman Entri, opsi-opsi yang Anda aktifkan akan tampil pada bagian Susun Item. Anda dapat mengatur penempatan beberapa opsi dengan cara menggesernya dan meletakannya pada kotak kosong di sebelahnya sesuai dengan keinginan Anda. Jangan lupa mengklik kotak Simpan setelah selesai melakukan pengaturan.


Bagian penting yang Anda perlu atur pada halaman Tata Letak dalah penempatan gadget/widget pada bilah blog dan footer blog. Untuk melakukannua, pertama-tama Anda perlu memikirkan, gadget/widget apa yang akan Anda tempatkan pada bilah dan gadget/widget apa yang akan Anda tempatkan pada footer. Selanjutnya, untuk menempatkan gadget/widget, silahkan klik tulisan Tambah Gadget pada bilah atau kolom footer masing-masing. Misalnya, untuk menambah gadget.widget translate pada bilah, klik kotak bertuliskan Tambah Gadget pada bagian bilah sehingga Anda akan diteruskan ke menu munculan Tambahkan Gadget. Pada menu ini Anda dapat memilih berbagai gadget/widget dari kategori Dasar-dasar, Unggulan, Paling Populer, Gadget Lainnya, dan Tambahkan milik Anda. Untuk menambahkan gadget/widget Translation, Anda pilih kategori dasar-dasar, geser tombol geser ke bawah secara pelan, lalu klik gambar gadget/widget atau nama gadget/widget (Terjemahan). Setelah itu, akan tampil lagi menu munculan untuk memberi nama gadget yang nantinya akan ditampilkan di blog Anda. Selesai. Anda sekarang mempunyai gadget/widget terjemahan di bilah blog Anda.


Anda dapat menambahkan gadget/widget lainnya dengan cara yang sama. Hanya saja, sebaiknya jangan menambah terlalu banyak gadget/widget sehingga blog Anda tidak menjadi ruwet dan memerlukan waktu yang lama untuk ditampilkan oleh peramban. Prioritaskan terutama gadget/widget yang memudahkan pengunjung melakukan navigasi dan memungkinkan pengunjung dapat berinteraksi dengan Anda. Untuk memudahkan pengunjung melakukan navigasi, Anda dapat menambahkan gadget Penelusuran, Entri Populer, Arsip Entri, dan Label. Semua gadget/widget ini dapat Anda temukan pada kategori Dasar-dasar. Anda dapat mencari gadget navigasi lainnya pada kategori Unggulan, Paling Populer, maupun Gadget Lainnya. Untuk memungkinkan pengunjung dapat berinteraksi dengan Anda, silahkan tambahkan gadget/widget Ikuti Lewat Email, Pengikut, dan Tautan Berlangganan. Anda dapat mencari gadget interaksi lainnya pada kategori Unggulan, Paling Populer, maupun Gadget Lainnya. 


Satu gadget khusus yang perlu mendapat perhatian Anda adalah gadget HTML/Java Script. Gadgat ini Anda perlukan untuk menempelkan kode HTML atau Java Script yang Anda ambil untuk dapat menambahkan gadget/widget dari luar. Anda tidak perlu pusing dengan kode HTML atau Java Script-nya, yang perlu lakukan hanyalah menyalin kode HTML atau Java Script dari halaman situs penyedia gadget/widget dan ke}udian menempelkannya dalam kotak kosong pada gadget/widget HTML/Java Script ini. Saya akan menjelaskan mengenai hal ini dalam tulisan-tulisan saya selanjutnya.


Selanjutnya, Anda dapat menggeser posisi gadget/widget yang telah Anda tambahkan ke bilah maupun ke kaki blog. Anda dapat mengatur penempatannya di dalam bilah saja atau di dalam kolom kaki blog saja. Anda juga dapat meindahkan gadget/widget di antara bagian bilah dan bagian kaki blog. Caranya, tempatkan kursor di atas kotak gadget/widget, tekan tombol kiri tetikus, geser ke tempat Anda akan menempatkan gadget/widget, lalu lepaskan tombol tetikus. Pemindahan gadget/widget perlu Anda lakukan untuk menempatkan gadget perioritas paling atas. Pemindahan gadget/widget juga perlu Anda lakukan agar panjang bilah yang terisi gadget/widget kira-kira sama dengan panjang halaman Posting blog yang menampilkan tulisan. Bila bilah menjadi terlalu panjang, pindahkan sebagian gadget/widget yang kurang penting ke bagian kaki blog.


Bila Anda merasa perlu menambahkan gadget/widget dari luar, silahkan kunjungi situs yang khusus menyediakan gadget/widget gratis untuk blog Blogger. Di antaranya, Anda dapat mengunjungi Blogger Gadgets untuk menambahkan gadget/widget dengan sangat mudah cukup dengan mengklik kotak Add to Blogger yang disediakan untuk setiap gadget/widget yang ditawarkan. Anda juga dapat memperoleh gadget/widget menarik dari Blogger Plugins dan dari AllBlogTools.com. Bila belum cukup, Anda masih dapat mengunjungi situs Gadget Venue untuk menuju ke situs Top 100 Gadget BlogsTapi untuk sementara, Anda cukup saja menggunakan gadget/widget yang disediakan Blogger dahulu. Tautan ini saya berikan bagi Anda yang sudah mahir mengatur blog.


Setelah Anda merasa cukup mengatur tampilan blog melalui Tata Leta, silahkan kotak Pratinjau pada bagian kanan atas layar. Bila Anda belum merasa puas, kembali ke halaman Tata Letak dan lakukan pengaturan sekali lagi. Anda mungkin masih perlu memindahkan gadget/widget dari bilah ke kaki blog atau sebaliknya. Klik kembali kotak Pratinjau. Bila Anda sudah merasa puas dengan tampilan blog Anda, jangan lupa mengklik kotak Simpan Setelan. Selanjutnya silahkan klik kotak Lihat Blog untuk melihat blog Anda sebagaimana nantinya akan dilihat oleh pengunjung.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih Anda telah meluangkan waktu untuk menyampaikan komentar ...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...