Selamat Datang

Selamat datang di blog Blogsa[ja].com. Kami memandu dan melayani Anda untuk tampil online secara lebih menarik dan interaktif. Silahkan membuat blog sendiri dengan menggunakan tulisan di blog ini untuk memandu Anda. Bila Anda ingin tampil online tetapi tidak mempunyai waktu untuk melakukan sendiri, kami siap membantu Anda. Silahkan pilih produk yang Anda inginkan dan hubungi kami. Atau, kirimkan nama Anda dan nama blog yang Anda inginkan, kami akan MEMBUATKAN GRATIS untuk Anda.


Jumat, 06 Juli 2012

Mengapa Perlu Mempermudah Pengunjung Melakukan Navigasi dan Berinteraksi?

Dari: 25 Great Blogger Widgets
Apa itu melakukan navigasi? Apa pula intu berinteraksi? Melakukan navigasi berkaitan dengan ke mana pengunjung harus menuju untuk memperoleh sesuatu dari blog Anda. Ibaratnya seseorang mengunjungi rumah Anda dan ingin ke belakang untuk buang air, tamu melakukan navigasi menuju kamar kecil. Berinteraksi berarti memberikan kesempatan menanggapi blog Anda, baik dengan cara memberikan komentar, menulis email, bahkan dengan melakukan chating. Berinteralsi juga berarti Anda memberikan cara kepada pengunjung agar mereka dapat mendaftar di blog Anda, merekomendasikan blog Anda kepada orang lain, dan sebagainya.

Mengapa perlu mempermudah pengunjung melakukan navigasi dan berinteraksi? Jawabannya sederhana saja. Sebab Anda membuat blog bukan untuk diri Anda sendiri. Anda membuat blog bukan untuk pamer diri sebagaimana halnya dengan website pemerintah yang menjamur sekarang ini. Kunjungi saja satu di antara website pemerintah yang ada dan coba cari bagaimana Anda bisa memberikan masukan. Sangat sedikit yang memberikan kesempatan kepada Anda memberikan komentar. Kebanyakan memuat struktur organisasi, kegiatan pejabat, dan bahkan foto-foto kegiatan pejabat. Saya mengunjungi website atau blog bukan untuk mencari apa yang dikerjakan pejabat, melainkan mencari layanan apa yang diberikan pemerintah kepada rakyatnya. Coba saja Anda kunjungi website ini dan kemudian website ini lalu bandingkan maka Anda akan mengerti apa yang saya maksudkan.


Satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mempermudah pengunjung melakukan navigasi adalah dengan membuat (ha)laman (page). Laman ini nantinya dapat Anda tampilkan sebagai menu melebar ke bawah pada bagian bilah maupun menu melebar ke samping di bagian bawah bagian kepala blog Anda. Untuk membuat laman, silahkan Anda kembali ke dasbor lalu mengklik kotak segitiga terbalik dan memilih Laman. Pada halaman Laman, silahkan klik kotak Laman baru untuk menampilkan pilihan Laman kosong atau Alamat web. Pilih Laman kosong untuk membuat laman baru sendiri atau klik Alamat web untuk membuat laman yang akan mngarahkan pengunjung ke website atau blog lain. Bila Anda memilih Laman kosong maka Anda akan diarahkan ke halaman Laman yang tampilannya sama dengan tampilan halaman halaman Entri baru. Pada kotak judul, silahkan tuliskan judul laman dan pada kotak tulisan di bawahnya, silahkan tulis hal-hal yang ingin Anda tampilkan setelah pengunjung mengklik menu dengan nama sebagaimana judul laman yang Anda buat.


Mengingat laman nantinya akan digunakan sebagai menu, usahakan judul laman terdiri atas tidak lebih dari dua kata. Misalnya, bila Anda ingin membuat menu untuk menjelaskan isi blog secara ringkas kepada pengunjung, buat laman dengan judul Mengenai Blog atau Siapa Kami. Anda juga dapat membuat laman untuk menampilkan menu Produk, laman untuk menampilkan menu Hubungi Kami, dan sebagaimnya. Pada prinsipnya, Anda membuat laman untuk memudahkan pengunjung melakukan navigasi. Untuk itu, Anda bahkan dapat membuat laman untuk menampilkan menu daftar isi blog Anda. Untuk menampilkan laman sebagai menu yang tampil sebagai pita datar di bawah kepala blog, Anda tidak dapat membuat terlalu banyak laman. Kalau laman yang Anda buat terlalu banyak maka akan ditampilkan sebagai pita datar bersusun. Bila bisa membuat banyak laman bila Anda akan menampilkannya sebagai menu melebar ke bawah pada bagian bilah blog.


Untuk menampilkan laman sebagai menu, silahkan klik kotak di sebelah kanan tulisan Tampilkan laman sebagai, yang berada tepat di atas deretan nama laman yang telah Anda buat. Silahkan pilih Tab di atas untuk membuat menu dalam bentuk pita datar di bawah kepala blog atau pilih Tautan samping untuk membuat menu melebar ke bawah di bagian bilah. Setelah selesai, silahkan klik kotak Simpan setelan dan kemudian kotak Lihat blog untuk melihat menu yang telah Anda buat dengan menggunakan laman. Sebelumnya, Anda sudah mengisikan sesuatu ke dalam kotak tulisan di setiap laman yang Anda buat. Misalnya, pada laman Produk, Anda dapat menjelaskan produk apa yang Anda tawarkan. Atau pada laman Hubungi Kami, Anda telah mencantumkan alamat email, tautan ke blog khusus mengenai Anda, atau bahkan tautan ke akun Facebook dan akun Twitter Anda. Setelah Anda mengklik kotak Lihat blog untuk menampilkan blog Anda, silahkan klik menu yang sudah Anda buat untuk melihat isinya.


Untuk memudahkan pengunjung berinteraksi Anda dapat menambahkan gadget/widget khusus untuk memungkinkan pengunjung beritenraksi dengan Anda maupun merekomendasikan blog Anda kepada orang lain. Saya sudah menjelaskan bagaimana Anda bisa melakukan hal ini pada tulisan saya sebelumnya dengan menggunakan gadget/widget bawaan Blogger. Anda juga dapat melakukannya dengan menggunakan gadget/widget dari luar, misalnya dari Widgetbox. Anda bahkan dapat mencari sendiri gadget/widget yang Anda perlukan dengan mengetikkannya pada kotak pencarian Google. Silahkan ketikkan blogger gadget dan tekan Enter. Anda akan memperoleh tautan ke berbagai situs yang menyediakan gadget/widget yang dapat Anda pilih guna memudahkan pengunjung berinteraksi dengan Anda. Klik tautan ke 25 Great Blogger Widget maka Anda akan dialihkan ke halaman situs Mashable yang memuat berbagai gadget/widget dalam kategori Communication Widgets, Social Widgets, Utility Widgets, dan Miscellaneous Widgets. Untuk memungkinkan pengunjung berinteraksi Anda memerlukan gadget/widget dari kategori pertama dan kedua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih Anda telah meluangkan waktu untuk menyampaikan komentar ...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...