Selamat Datang

Selamat datang di blog Blogsa[ja].com. Kami memandu dan melayani Anda untuk tampil online secara lebih menarik dan interaktif. Silahkan membuat blog sendiri dengan menggunakan tulisan di blog ini untuk memandu Anda. Bila Anda ingin tampil online tetapi tidak mempunyai waktu untuk melakukan sendiri, kami siap membantu Anda. Silahkan pilih produk yang Anda inginkan dan hubungi kami. Atau, kirimkan nama Anda dan nama blog yang Anda inginkan, kami akan MEMBUATKAN GRATIS untuk Anda.


Jumat, 27 Juli 2012

Bagaimana membuat blog Anda dapat ditemukan oleh mesin pencari?

Sumber: Compete Infotech
Anda membuat blog untuk dibaca oleh orang lain. Orang menemukan sesuatu dengan menggunakan mesin pencari (serach engine). Supaya blog Anda dapat ditemukan oleh orang, dan kemudian dibaca, maka blog Anda terlebih dahulu harus ditemukan oleh mesin pencari. Bagaimana caranya supaya blog Anda secepatnya dapat ditemukan dengan oleh mesin pencari? Dalam blog, hal ini dikenal dengan istilah optimasi mesin pencari atau bahasa Inggrisnya Search Engine Optimization, biasa disingkat SEO. Pada dasarnya, SEO adalah sebuah cara atau proses yang perlu dilakukan oleh bloger untuk membuat blognya dapat mudah ditemukan oleh mesin pencari sehingga bisa dikunjungi dan dibaca orang. Pada akhirnya, SEO bermuara pada tujuan untuk memperbaiki (meningkatkan) peringkat blog. Dengan kata lain, untuk membuat blog Anda menjadi populer (dan Anda pun menjadi terkenal).


Berbagai cara dilakukan orang untuk mengoptimasi blog (men-SEO blog). Caranya bermacam-macam, tidak ubahnya seperti orang yang ingin terkenal. Untuk menjadi terkenal orang dapat menempuh cara yang wajar, dapat juga mencari jalan pintas. Demikian juga dengan SEO, ada cara wajar dan ada pula cara jalan pintas. Tentu saja saya hanya dapat menjelaskan cara yang wajar, cara jalan pintas silahkan Anda cari sendiri. Banyak sekali website atau blog yang menguraikan berbagai cara jalan pintas untuk melakukan SEO. Pertama-tama, saya akan memperkenalkan apa yang dimaksud dengan memasukkan peta situs blog ke mesin pencari. Kemudian saya akan menjelaskan apa itu peralatan SEO (SEO tools).

Setelah mmempublikasikan tulisan pertama, yang segera perlu Anda lakukan adalah membuat tulisan Anda dapat ditemukan oleh orang di Internet. Untuk blog di Blogger, Google akan dengan sendirinya memuat tulisan Anda di Internet. Akan tetapi, supaya bisa lebih cepat, Anda sendiri perlu proaktif meminta mesin pencari untuk menemukan tulisan Anda. Untuk itu maka Anda perlu memasukkan blog Anda ke Web Directories, Blog Directories, atau Serach Engine. Setelah Anda memasukkan blog Anda maka mereka ini akan menjadi semacam Yellow Pages untuk blog Anda. Dengan kata lain, blog Anda akan menjadi seperti nomor telepon Anda di buku kuning telepon yang akan digunakan oleh orang untuk menemukan nomor telepon Anda sehingga orang tersebut dapat menghubungi Anda. Untuk maksud tersebut, saya akan menjelaskan caranya pada tulisan saya selanjutnya. Untuk sementara, Anda dapat mengikuti petunjuk yang diberikan oleh Tips for New Bloggers berikut ini:
1. Submit Blogger Sitemap to Google Webmaster
2. Submit Blogger Sitemap to Yahoo!
3. Submit Blogger Sitemap to MSN and Ask.com
4. Submit Blog to Search Engines
5. Submit Blog to Blog Directories
6. Submit RSS Feeds and Pings
7. Blog Traffic Exchange

Setelah Anda memasukkan blog Anda ke mesin pencari dan direktori, Anda tinggal menunggu sampai tulisan Anda dapat ditemukan di Internet. Untuk mengetahuinya, lakukan pencarian tulisan Anda di mesin pencari Google. Untuk tulisan dengan tema, mungkin ada tulisan lain yang tampil lebih di atas. Ini adalah tulisan dari blog dengan peringkat yang lebih tinggi daripada peringkat blog Anda. Bagaimana caranya supaya setiap kali orang melakukan pencarian dapat menemukan tulisan Anda di halaman pertama? Anda perlu meningkatkan peringkat blog Anda. Bagaimana cara meningkatkan peringkat blog? Bila Anda adalah orang yang benar-benar ingin membuat blog Anda berada di peringkat atas, Anda dapat membayar konsultan SEO untuk melakukan SEO. Bila Anda membuat blog bukan untuk mengejar peringkat, Anda dapat menggunakan peralatan SEO (SEO tools) untuk melakukan SEO sendiri. SEO tools ada yang gratis, ada pula yang berbeyar. Silahkan ketikkan free SEO tools di kotak pencarian Google atau Yahoo, Anda akan menemukan banyak sekali peralatan SEO gratis. Saya akan menjelaskan cara menggunakan peralatan ini nanti, sekarang silahkan coba mengecek blog Anda.

Sekedar untuk mengetahui apa dan bagaimana sebenarnya SEO, kami mencantumkan peralatan pencarian dasar dari Tips for New Bloggers berikut ini. Silahkan ikuti petunjuk penggunaannya.


Yahoo!
Untuk mengetahui bagaimana Yahoo! mengindek halaman blog Anda, ketikkan URL lengkap blog Anda pada kotak berikut ini:

Untuk mengetahui sejauh mana ada situs lain menaut balik blog Anda, silahkan URL lengkap blog Anda pada kotak berikut ini:


Google
Untuk mengetahui bagaimana kinerja blog Anda di Google, ketikan URL blog Anda setelah tulisan site: pada kotak di bawah ini:

Untuk mengetahui sejauh mana ada situs lain menaut balik blog Anda, silahkan ketikkan URL lengkap blog Anda setelah tulisan link: pada kotak berikut ini:

Microsoft Live Search
Untuk mengetahui bagaimana kinerja blog Anda di Google, ketikan URL blog Anda setelah tulisan site: pada kotak di bawah ini:
Untuk mengetahui sejauh mana ada situs lain menaut balik blog Anda, silahkan ketikkan URL lengkap blog Anda setelah tulisan link: pada kotak berikut ini:


Page Rank Checker
Pencarian ini disediakan oleh Prchecker. Ketikkan URL blog Anda sebagaimana pada sentoh di dalam kotak di bawah ini:


Alexa Rankings
Untuk mengetahui peringkat blog Anda menurut Alexa Rankings, silahkan ketikkan URL blog Anda dalam kotak di bawah ini:
Anda mendapatkan apa, belum ada atau belum mendapatkan peringkat? Jangan khawatir. Untuk mendapatkan peringkat, Anda perlu terlebih dahulu mendaftar. Itulah yang saya maksud dalam tulisan ini. Untuk menjadi terkenal, Anda perlu mempromosikan diri Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih Anda telah meluangkan waktu untuk menyampaikan komentar ...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...