Selamat Datang

Selamat datang di blog Blogsa[ja].com. Kami memandu dan melayani Anda untuk tampil online secara lebih menarik dan interaktif. Silahkan membuat blog sendiri dengan menggunakan tulisan di blog ini untuk memandu Anda. Bila Anda ingin tampil online tetapi tidak mempunyai waktu untuk melakukan sendiri, kami siap membantu Anda. Silahkan pilih produk yang Anda inginkan dan hubungi kami. Atau, kirimkan nama Anda dan nama blog yang Anda inginkan, kami akan MEMBUATKAN GRATIS untuk Anda.


Jumat, 06 Juli 2012

Apa Lagi yang Perlu Anda Lakukan Membuat Blog Menjadi Lebih Interaktif?

Dari: Gadget Generation
Sebagaimana sudah saya kemukakan pada tulisan sebelumnya, blog kita buat bukan hanya sekedar supaya tulisan kita dibaca orang lain, tetapi juga supaya pembaca dapat memberikan masukan. Bahkan kita juga perlu memberikan kesempatan kepada pembaca untuk ikut membantu memperomosikan mempromosikan tulisan kita kepada orang lain. Karena itu, kita perlu menambahkan gadget yang memungkinkan pembaca dapat bukan hanya memberikan komentar terhadap tulisan kita, tetapi juga dapat menghubungi kita dengan berbagai cara. Blogger telah menyediakan sejumlah gadget/widget yang memungkinkan pembaca dapat memberikan komentar dan menghubungi melalui email. Tetapi gadget/widget bawaan Bloger dapat Anda perkaya dengan gadget/widget dari luar Blogger.


Gadget/widget yang memungkinkan pembaca dapat berinteraksi dengan Anda dapat kita kelompokkan menjadi gadget/widget komunikasi dan gadget/widget interaksi sosial. Kategori yang pertama memungkinkan pembaca berkomunikasi dengan Anda, sedangkan kategori yang kedua memungkinkan pembaca mempromosikan tulisan Anda kepada pihak lain. Blogger telah menempatkan beberapa gadget/widget kategori kedua pada bagian komentar dari setiap entri. Namun untuk kategori yang pertama, Blogger hanya menyediakan komunikasi melalui email. Karena itu, untuk membuat blog Anda menjadi lebih interaktif, Anda dapat menambahkan gadget/widget dari luar.

Untuk memasang gadget/widget dari luar, pada dasarnya Anda perlu memasukkan kode yang diberikan oleh penyedia gadget/widget ke dalam gadget/widget HTML/Java Script yang disediakan Blogger. Silahkan baca tulisan saya sebelumnya mengenai cara memasang gadget/widget HTML/Java Script ini. Sebelum dapat memperoleh kode, terlebih dahulu Anda perlu mendaftar sehingga bisa melakukan login ke situs penyedia. Setelah melakukan login, Anda dapat melakukan konfigurasi (mengubah tampilan gadget/widget) agar sesuai dengan yang Anda inginkan. Selanjutnya Anda perlu menyalin kode yang diberikan untuk kemudian Anda tempel di dalam kotak kode gadget/widget HTML/Java Script yang disediakan Blogger. Kemudian Anda perlu melakukan penyimpanan setelan pada halaman Tata Letak dan gadget/widget yang Anda tambahkan pun terpasang.

Sebagaimana sudah saya sampaikan juga pada tulisan sebelumnya, Anda dapat memperoleh berbagai macam gadget/widget dari Widgetbox. Untuk menggunakan gadget/widget dari situs ini Anda perlu mendaftar dan kemudian melakukan login untuk masuk. Setelah masuk, klik menu Widget untuk sampai ke halaman gadget/widget. Anda bisa mengklik tautan Widget Gallery yang terdapat pada bagian bawah halaman atau, bila Anda mengetahui nama gadget/widget yang Anda cari, mengetikkan nama gadget/widget pada kotak pencarian di bagian atas halaman. Misalkan Anda akan memasang gadget/widget Discusslt Comment System maka Anda dapat mengetikkan nama discusslt untuk langsung menuju ke halaman konfigurasi gadget/widget tersebut. Widgetbox menyediakan halaman konfigurasi saja, untuk memperoleh gadget/widget Discusslt Comment System, Anda harus mendaftar di situs pnyxe, penyedia gadget/widget tersebut, dan mengaktifkan akun dengan kode yang dikirimkan ke akun email Anda. Selanjutnya, setelah mengkonfigurasi widget/gadget di Widgetbox, Anda harus mempublikasikan dengan mengklik kotak Publish Changes, kemudian masuk ke akun pnyxe Anda untuk menyalin kode yang disediakan. Kode ini kemudian Anda tempel dalam kotak gadget HTML/Java Script yang disediakan Blogger. 

Contoh yang saya uraikan di atas hanyalah salah satu saja dari sekian banyak gadget/widget yang dapat Anda pasang untuk membuat blog Anda menjadi lebih interaktif. Anda dapat memasang gadget/widget ngobrol online dengan memasang gadget CboxMeebo Me, atau  Tag-BoardBahkan Anda dapat memasang gadget/widget percakapan telepon online semacam Skype atau Google Talk. Anda juga dapat memasang gadget webmail semacam Kontactr untuk memungkinkan pengunjung menghubungi Anda melalui email tanpa harus mengetahui alamat email Anda. Namun saya kembali perlu mengingatkan bahwa pemasangan terlalu banyak gadget, lebih-lebih gadget dari luar Blogger, akan membuat blog Anda memerlukan waktu yang lebih lama untuk bisa ditampilkan peramban. Hal ini perlu mendapat perhatian mengingat tidak semua pengunjung blog Anda mendapat akses koneksi Internet berkecepatan tinggi. Semula saya telah memasang gadget/widget Discusslt Comment System, tetapi karena menyebabkan penayangan blog di peramban menjadi lama maka gadget/widget tersebut saya hapus, meskipun sebenarnya sangat fungsional. Karena itu, silahkan memilih gadget/widget yang memang benar-benar perlu saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih Anda telah meluangkan waktu untuk menyampaikan komentar ...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...