Selamat Datang

Selamat datang di blog Blogsa[ja].com. Kami memandu dan melayani Anda untuk tampil online secara lebih menarik dan interaktif. Silahkan membuat blog sendiri dengan menggunakan tulisan di blog ini untuk memandu Anda. Bila Anda ingin tampil online tetapi tidak mempunyai waktu untuk melakukan sendiri, kami siap membantu Anda. Silahkan pilih produk yang Anda inginkan dan hubungi kami. Atau, kirimkan nama Anda dan nama blog yang Anda inginkan, kami akan MEMBUATKAN GRATIS untuk Anda.


Rabu, 27 Juni 2012

Apa Beda Blog dengan Website?

Dari: Blog Website
Pertanyaan konyol? Tidak juga! Setiap hari pasti ada orang yang baru mengenal Internet. Setiap hari pasti ada orang yang baru belajar membuat blog. Karena itu, tidak mengherankan bila terus ada yang bertanya, apa sebenarnya beda antara blog dengan website. Jadi, kalau Anda adalah orang yang mengajukan pertanyaan ini, jangan pernah merasa minder. Sebab, pada saat yang sama seperti yang Anda alami sekarang, saya juga mempunyai pertanyaan yang sama. Bedanya, saya harus bersusah-susah mencari jawabannya. Untuk Anda, saya yang menyiapkan jawabannya.


Sederhananya, blog adalah website tetapi tidak semua website adalah blog. Lho kok? Blog adalah kategori khusus dari website. Kata blog sendiri merupakan singkatan dari web log. Ketika kita berselancar di Internet maka kita mengunjungi website. Ketika kita mengetikkan sesuatu di kotak pencarian maka kita sebenarnya mencari website dengan ciri-ciri seperti kata yang kita ketikkan. Semua deretan hasil pencarian yang kemudian kita peroleh adalah website. Di antara deretan itu terdapat beberapa yang merupakan blog. Kalau begitu, apa dong beda antara website dan blog?

Karena blog merupakan website dalam kategori log maka tulisan dalam blog diurutkan menurut urutan waktu terbalik. Ketika kita me-log sesuatu maka biasanya kita mengurutkan sesuatu menurut waktu. Sejarah merupakan contoh log kehidupan manusia di muka bumi ini dari jaman prasejarah sampai saat ini. Dalam mempelajari sejarah kita belajar berdasarkan urutan dari jaman prasejarah sampai saat ini. Coba saja periksa buku-buku sejarah, pada umumnya memang seperti itu. Pada blog urutan tulisan ditayangkan dengan urutan waktu terbalik. Tulisan yang paling baru selalu ditampilkan paling atas. Blog pada dasarnya adalah sebuah buku harian (diary) yang ditulis mulai dari halaman paling belakang sehingga halaman paling depan berisi tulisan paling terakhir. Pada website, tulisan paling baru dapat ditempatkan di mana saja, termasuk juga di pling depan.

Selebihnya, blog sama saja dengan website. Memang banyak orang yang membuat daftar banyak perbedaan antara blog dengan website. Ada yang mengatakan blog berbeda dengan website karena pada blog tulisan baru mudah ditambahkan, tulisan selalu diperbarui secara berkala, pengunjung dapat meninggalkan komentar, dan seterusnya. Menurut saya, website yang tidak dapat selalu menambah tulisan baru dan tidak menyediakan cara bagi pengunjung untuk dapat berinteraksi pasti akan ditinggalkan orang. Website seperti ini pada umumnya adalah website pemerintah yang pembuatannya sekali diproyekkan dan setelah itu tidak ada lagi orang yang mengurusnya. Website masa kini akan senantiasa memperbarui tulisannya dan menyediakan fasilitas untuk berinteraksi dengan pengunjung, bukan sekedar pamer diri. Bila tujuannya hanya untuk pamer, lebih baik membuat Facebook daripada membuat website, apalagi blog.

Untuk memungkinkan kita dapat saling berbagi, saya sangat berterima kasih bila setelah membaca tulisan ini Anda berkenan menuliskan komentar. Saya akan lebih berterima kasih lagi bila Anda berkenan merekomendasikan kepada teman-teman lain yang sekiranya juga ingin saling berbagi pengalaman ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih Anda telah meluangkan waktu untuk menyampaikan komentar ...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...