Selamat Datang

Selamat datang di blog Blogsa[ja].com. Kami memandu dan melayani Anda untuk tampil online secara lebih menarik dan interaktif. Silahkan membuat blog sendiri dengan menggunakan tulisan di blog ini untuk memandu Anda. Bila Anda ingin tampil online tetapi tidak mempunyai waktu untuk melakukan sendiri, kami siap membantu Anda. Silahkan pilih produk yang Anda inginkan dan hubungi kami. Atau, kirimkan nama Anda dan nama blog yang Anda inginkan, kami akan MEMBUATKAN GRATIS untuk Anda.


Kamis, 28 Juni 2012

Mengapa Harus Bertele-tele, Bukannya Langsung Saja Membuat Blog?

Dari: Recent Comment Widget
for Blogger
Apa saya bertele-tele? Maaf kalau memang begitu. Saya harus meastikan, kalau saya terlalu cepat, jangan sampai ada di antara yang justeru menjadi bingung. Sebelum kita memulai sesuatu, ada baiknya kita benar-benar mengetahui apa yang kita kerjakan. Demikian juga dengan membuat blog di Blogger, kita perlu tahu terlebih dahulu apa itu blog dan apa alasan membuat blog di Blooger. Oh ya, dalam tulisan selanjutnya saya akan menggunakan istilah Blogger untuk merujuk nama layanan blog yang disediakan Google dan istilah blogger untuk merujuk pada pemilik dan pengelola blog, baik di Blogger maupun di luar sana. Jadi, setelah Anda membuat dan mempunyai blog nanti, Anda dengan sendirinya menjadi seorang blogger. Kalau Anda membuat blog menggunakan layanan Blogger maka Anda adalah seorang blogger di Blogger.


Membuat blog di Blogger sebenarnya tidak sulit-sulit amat. Lagi pula, Blogger sudah menyiapkan bantuan dalam Bahasa Indonesia. Silahkan klik saja tautan (link) yang saya berikan. Setelah berada di halaman bantuan tersebut, klik pertanyaan: Bagaimanakah cara membuat akun Blogger? Maka akan tampil penjelasan:
Di beranda Blogger, klik "Ciptakan Blog Anda" lalu buatlah Akun Google. Perhatikan bahwa Anda mungkin telah memiliki Akun Google jika sebelumnya telah menggunakan produk Google seperti orkut, Grup Google, Gmail, dan produk lainnya - jika demikian, lanjutkan dan masuklah. Selanjutnya, pilih nama tampilan dan setujui Persyaratan Layanan Blogger. Setelah semuanya disiapkan, Anda siap untuk mulai membuat blog!
Bagaimana bisa sampai di beranda Blogger bila belum membuat blog di Blogger? Oleh Blogger, kita diasumsikan sudah mempunyai akun Google (entah itu Gmail, Orkut,  Grup Google, atau lainnya). Lalu bagaimana kalau belum punya? Di kotak pencarian Google, ketik: buat akun gmail. Pada hasil pencarian yang tampil di layar, pilih tautan paling atas: Buat Akun - Google - Gmail - Google. Selanjutnya isi semua kotak kosong pada lembar pendaftaran. Beberapa bagian yang perlu mendapat perhatian adalah nama pengguna, nomor ponsel, dan alamat email Anda saat ini. Nama pengguna dalam Gmail dapat mengandung titik (.), tetapi tidak boleh mengandung garis datar bawah (underscore). Bila setelah ditulis nama pengguna nonacantik ternyata tidak tersedia maka ganti dengan nonacantik.menarik. Nomor ponsel harus diisi dengan nomor yang aktif sebab akan digunakan oleh Google untuk mengirim kode verifikasi yang diperlukan untuk meyelesaikan proses pendaftaran. Alamat email Anda saat ini juga harus merupakan alamat yang aktif sebab akan diperlukan untuk mengaktifkan email bila sandi email terlupa.

Setelah mempunyai akun Gmail maka sebaiknya Google ditetapkan sebagai homepage pada program aplikasi peramban (browser) sehingga setaip saat peramban diaktifkan maka Google langsung dibuka. Pada saat Google sudah terbuka, sebaiknya biasakan diri langsung melakukan login dengan menggunakan akun Gmail. Dengan demikian maka semua layanan Google akan terbuka, termasuk Blogger, cukup dengan mengetikkannya pada kotak pencarian. Menurut halaman bantuan Blogger:
Setelah Anda membuat akun Blogger, masuklah ke www.blogger.com dan klik "Buat Blog". Pada Langkah 2, masukkan judul dan alamat (URL) untuk blog Anda. Ketik huruf di kotak verifikasi kata untuk membuktikan bahwa Anda benar-benar manusia, lalu klik "Lanjutkan". Pada Langkah 3, Anda dapat memilih kerangka blog; nantinya, inilah tampilan blog untuk pembaca Anda. Selanjutnya, Blogger membuat blog baru Anda, yang tampil di alamat yang Anda pilih pada Langkah 2.
Setelah mengetikkan blogger pada kotak pencatian dan menekan Enter maka akan tampil beranda Blogger kosong dengan kotak bertuliskan Blog Baru di bawah nama pemilik akun. Silahkan klik kotak tersebut untuk memulai membuat blog di Blogger sehingga tampil menu munculan (popup menu) pembuatan blog baru. Tulis judul blog di dalam kotak judul. Judul sebaiknya disesuaikan dengan topik blog, misalnya Belajar Blog untuk blog yang isinya adalah cara membuat blog. Selanjutnya, tulis alamat blog di dalam kotak alamat. Yang dimaksud dengan alamat di sini adalah alamat URL (Universal Reosurce Locator), yaitu alamat sesuatu di dunia maya Internet. Alamat blog hanya dibolehkan terdiri atas angka dan huruf. Misalnya untuk blog dengan judul Belajar Blog dapat digunakan nama belajarblog sehingga alamat lengkap (URL) blog menjadi http://belajarblog.blogspot.com. Perhatikan bahwa alamat blog tidak mengandung www seperti alamat website. Alamat ini nantinya dapat diketik pada kotak URL peramban untuk menampilkan blog.

Bisa saja alamat yang akan kita gunakan ternyata sudah terlebih dahulu digunakan orang lain. Bila demikian  maka kita harus mencari nama lain. Bila misalnya nama belajarblog ternyata telah digunakan orang lain (yangdiberitahukan oleh Blogger dengan memunculkan tulisan berwarna merah), maka kita dapat mencoba nama belajarblogpemula atau belajarblogdasar dan seterusnya sampai Blogger menyatakan bahwa alamat yang kita gunakan tersedia. Selanjutnya ketik huruf di kotak verifikasi kata untuk membuktikan bahwa kita benar-benar manusia, bukan robot yang digunakan oleh orang nakal untuk mengerjai Blogger, lalu klik Lanjutkan. Pada langkah selanjutnya, kita diminta untuk memilih kerangka (template). Blogger menyediakan sejumlah kerangka bawaan untuk dipilih sesuai dengan tampilan blog yang kita inginkan. Pilih saja sembarang kerangka dahulu, sebab nanti kita dapat mengubahnya bila ternyata kurang menarik. Selanjutnya klik kotak Buat blog maka kita sudah mempunyai blog baru di Blogger. Namanya adalah Belajar Blog dan dengan alamat http://belajarblog.blogspot.com bila alamat belajarblog belum dipakai orang lain. Nama blog yang telah berhasil kita buat akan tampil di beranda Blogger di antara antara kotak Blog Baru dan kotak bergambar pensil.

Untuk memungkinkan kita dapat saling berbagi, saya sangat berterima kasih bila setelah membaca tulisan ini Anda berkenan menuliskan komentar. Saya akan lebih berterima kasih lagi bila Anda berkenan merekomendasikan kepada teman-teman lain yang sekiranya juga ingin saling berbagi pengalaman ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih Anda telah meluangkan waktu untuk menyampaikan komentar ...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...