Selamat Datang

Selamat datang di blog Blogsa[ja].com. Kami memandu dan melayani Anda untuk tampil online secara lebih menarik dan interaktif. Silahkan membuat blog sendiri dengan menggunakan tulisan di blog ini untuk memandu Anda. Bila Anda ingin tampil online tetapi tidak mempunyai waktu untuk melakukan sendiri, kami siap membantu Anda. Silahkan pilih produk yang Anda inginkan dan hubungi kami. Atau, kirimkan nama Anda dan nama blog yang Anda inginkan, kami akan MEMBUATKAN GRATIS untuk Anda.


Sabtu, 30 Juni 2012

Setelah Mempunyai Akun Blogger, Apakah Dapat Langsung Menulis Blog?

Dari: New Dashbord Interface
for Blogger Users
Mengapa tidak? Tentu saja kita dapat langsung menulis blog. Tepatnya, menulis sebuah tulisan blog atau lazim disebut blog post. Sebelumnya perlu saya sampaikan bahwa kini Blogger telah menggunakan antarmuka (interface) yang baru. Seluruh tulisan di blog ini mengacu pada antarmuka baru ini. Saya tidak akan menyinggung antarmuka lama karena tulisan saya diperuntukkan terutama bagi bloger pemula yang tentu saja baru memulai membuat blog setelah Blogger memperkenalkan antarmuka baru. Meskipun begitu, bila Anda ingin mencoba melihat antarmuka lamanya Blogger, Anda dapat melakukannya dengan mengklik gambar roda gigi di bagian kanan atas dasbor dan kemudian memilih Antarmuka Blogger lawas (maksudnya lama).


Untuk memulai menulis, silahkan klik kotak bergambar pensil maka Anda menuju ke layar yang berisi tempat mengetikkan judul dan tempat mengetikkan tulisan. Di sebelah kanan kotak tempat menuliskan judul terdapat kotak Publikasikan, Simpan, Pratinjau, dan Tutup. Setelah Anda selesai menulis, Anda dapat langsung mengklik kotak Publikasikan untuk mengunggah tulisan ke blog Anda. Mengklik kotak Publikasikan berarti membuat tulisan dapat dibaca orang yang mengakses blog Anda. Bila Anda bulum yakin dengan tulisan Anda, sebaiknya klik dahulu kotak Pratinjau untuk melihat bagaimana nantinya tulisan Anda akan tampil di layar komputer. Bila Anda masih belum yakin betul dengan apa yang Anda tulis dan masih ingin menyuntingnya lain waktu, silahkan klik Simpan untuk menyimpan tulisan Anda di blog tanpa perlu khawatir akan dapat dibaca orang.

Di sebelah atas kotak tempat menulis isi blog terdapat menu penulisan. Dua kotak paling kiri adalah  Compose dan kotak HTML. Kotak Compose diaktifkan untuk menulis sebagaimana halnya menulis dalam Word. Untuk mengetik dalam keadaan kotak Compose aktif, Anda memerlukan semua fitur yang terdapat di sebelah kanan kotak HTML. Misalnya Anda perlu mengatur jenis dan ukuran huruf, warna huruf dan latar belakang huruf, menambahkan tautan (link), foto, video, garis pisah halaman, perataan tulisan, sampai pada pemeriksaan ejaan (bila Anda menulis dalam bahasa Inggris tentu saja). Nanti saya akan menjelaskan lebih rinci mengenai penggunaan berbagai fitur ini. Untuk sementara, lakukan saja pengetikan dengan jenis huruf bawaan (default) dan rata kiri. Kotak HTML diklik hanya bila Anda mengerti bahasa HTML. Bila tidak, jangan repot-repot mengklik kotak tersebut sebab hanya akan membingungkan Anda.

Di sebelah kanan kotak pengetikan terdapat fitur Setelan entri. Yang dimaksud dengan entri di sini adalah satuan tulisan yang sedang Anda buat. Melalui Setelan entri Anda dapat mengatur label, jadwal penerbitan, lokasi pada saat Anda menulis, dan pilihan mengenai komentar, model tulis, dan baris baru. Label merupakan kata kunci yang paling tepat untuk mewakili apa yang sedang Anda tulis. Anda dapat memberikan beberapa label terhadap tulisan Anda, tetapi sebaiknya jangan terlalu banyak. Satu sampai tiga label saja sudah cukup, masing-masing terdiri atas satu sampai dua kata dengan tanda koma sebagai pemisah label. Ketika Anda mengklik lokasi, akan tampil kotak pencarian lokasi dengan peta Google Map di bawahnya. Ketik saja nama kota tempat Anda menulis, misalnya Ambon. Blogger mungkin akan meminta ijin untuk dibolehkan menetapkan lokasi Anda, persilahkan saja. Kota Ambon akan ditandai pada peta di bawahnya. Untuk pilihan lainnya biarkan saja sebagaimana adanya.

Namun sebelum meneruskan menulis, sebaiknya Anda terlebih dahulu melakukan penyetelan umum terhadap blog yang baru saja Anda buat. Klik Simpan dan kemudian klik Tutup untuk pindah ke layar Post. Selanjutnya klik klik fitur Setelan pada pilihan paling bawah di bawah kotak Entri Baru. Fitur Setelan ini terdiri atas pilihan Dasar, Pos dan komentar, Seluler dan email, Bahasa dan pemformatan, Preferensi penelusuran, dan lainnya.Untuk melakukan penyetelan, Anda perlu mengklik pilihan ini satu per satu. Saya akan menjelaskan penyetelan beberapa di antara pilihan ini secara ringkas. Kita akan kembali ke fitur penyetelan ini nanti pada saat saya menjelaskan hal-hal lebih rinci mengenai blog.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih Anda telah meluangkan waktu untuk menyampaikan komentar ...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...