Selamat Datang

Selamat datang di blog Blogsa[ja].com. Kami memandu dan melayani Anda untuk tampil online secara lebih menarik dan interaktif. Silahkan membuat blog sendiri dengan menggunakan tulisan di blog ini untuk memandu Anda. Bila Anda ingin tampil online tetapi tidak mempunyai waktu untuk melakukan sendiri, kami siap membantu Anda. Silahkan pilih produk yang Anda inginkan dan hubungi kami. Atau, kirimkan nama Anda dan nama blog yang Anda inginkan, kami akan MEMBUATKAN GRATIS untuk Anda.


Senin, 02 Juli 2012

Mengapa Sebelum Melanjutkan Menulis Perlu Terlebih Dahulu Menyetel Blog?

Dari: 3 Blogger Toolbar Like
a WordPress
Menyetel blog berarti mengatur berbagai hal berkaitan dengan blog yang telah kita buat. Ibarat membangun rumah, blog yang baru saja kita buat merupakan rumah yang baru bertembok dan beratap. Kita masih perlu memelester tembok, memasang keramik, memasang daun jendela dan pintu, dan seterusnya. Kita memang sudah dapat tinggal di rumah itu, tetapi tentu saja belum nyaman dan aman. Demikian pula dengan blog yang baru saja kita buat, bisa saja kita langsung menulis dan mempublikasikannya. Tetapi, sebagaimana halnya dengan rumah yang temboknya belum dipelester dan lantainya belum berkeramik, maka blog belum bisa tampil optimal.


Sebagaimana telah saya sampaikan sepintas pada tulisan sebelumnya, setelah blog terdiri atas beberapa kelompok. Pertama adalah setelan dasar. Berikutnya setelan post dan komentar. Lebih lanjut lagi adalah setelan bahasa dan pemformatan. Berikutnya lagi adalah setelan preferensi penelusuran dan yang terakhir adalah setelan lainnya. Di dalam setiap kelompok setelan ini terdapat beberapa hal yang perlu disetel. Untungnya, untuk melakukan penyetelan tersebut, Blogger menyediakan panduan untuk sebagian besar hal yang perlu disetel. Panduan diberikan dalam bentuk tanda tanya yang dapat diklik untuk membacanya. Selain itu, Blogger juga telah memberikan setelan bawaan (default) yang sudah dapat kita pakai langsung. Kita hanya perlu menyetel beberapa hal saja yang perlu kita sesuaikan dengan blog kita.

Penyetelan yang perlu dilakukan pada kelompok dasar adalah pemberian deskripsi, alamat blog, dan penulis blog. Deskripsi blog nantinya akan tampil di bawah judul blog, menjadi semacam tagline bagi blog kita. Untuk membuat deskripsi, klik Edit dan tulis deskripsi di dalam kotak yang disediakan maksimum sebanyak 500 karakter, lalu klik kotak simpan perubahan. Untuk setelan privasi, jangan lakukan perubahan supaya blog kita dipublikasikan oleh Blogger ke mesin pencari sehingga pengunjung dapat menemukan blog kita. Pada pilihan alamat blog kita dapat mengubah URL blog, bila kita belum puas dengan URL yang sudah ada, sebagaimana saya sudah sampaikan pada tulisan sebelumnya. Pada pilihan penulisa blo kita dapat menambahkan orang lain sebagai penulis, bila kita ingin, misalnya untuk membuat blog kita sebagai blog komunitas. Caranya adalah dengan mengundang orang lain dengan mengetikkan alamat emailnya pada kotak yang disediakan. Setelah yang diundang menyetujui maka yang bersangkutan akan menjadi kontributor dan dapat mengakses menu Post blog kita untuk menulis dan mempublikasikan tulisannya secara langsung.

Pada kelompok Post dan komentar terdapat beberapa pilihan yang perlu disetel. Yang pertama adalah pilihan Tampilkan sebanyak mungkin yang diikuti dengan pilihan Hari dan Posting di laman utama. Sebagaimana juga sudah saya sampaikan pada tulisan saya sebelumnya, seluruh tulisan dalam blog ditampilkan dalam urutan waktu terbalik. Bila tulisan yang kita publikasikan sudah banyak maka tidak mungkin semuanya bisa ditampilkan sekaligus. Kita perlu menampilkan jumlah tulisan sesuai dengan panjang tampilan seluruh gadget/widget yang terdapat di bilah samping blog supaya blog tampil menarik. Tulisan juga dapat kita tampilkan secara bersambung (pada saat mengetik dengan meletakkan kursor pada tempat pemotongan dan mengklik tanda potong halaman, page break, sebelum kita mempublikasikan tulisan). Pilihan lainnya yang juga perlu disetel adalah Siapa yang dapat mengomentari, Moderasi komentar, Tampilkan verifikasi kata, Tampilkan Tautan Balik, dan Pesan formulir komentar.

Hal-hal yang berkaitan dengan Komentar merupakan bagian yang sangat penting dari blog untuk memungkinkan pemilik blog dapat berinteraksi dengan pengunjung (ini membedakan blog dengan website pemerintah yang kebanyakan bersifat satu arah). Ubah setelan Siapa yang dapat berkunjung menjadi Semua orang, Moderasi komentar menjadi Selalu, dan Verifikasi kata menjadi Ya agar semua pengunjung dapat memberikan komentar tetapi dengan memasukkan verifikasi kata (untuk mencegah komentar otomatis sehingga menjadi spam), tetapi untuk tampil semua komentar harus mendapat persetujuan pemilik blog. Hal terakhir ini diperlukan agar menghindarkan tampilnya komentar yang memuat kata-kata kotor, SARA, dsb. Tautan Balik perlu disetel menjadi Tampilkan sehingga kita dapat melacak laman lain di web yang memiliki tautan ke tulisan kita (yang me-link tulisan kita). Pesan Formulir Komentar perlu diisi dengan ajakan kepada pengunjung untuk menyampaikan komentar dan ucapan terima kasih.

Pada kelompok Seluler dan Email dapat dilakukan penyetelan untuk memungkinkan publikasi tulisan dengan menggunakan MMS/SMS dan email. Untuk dapat mempublikasikan tulisan melalui perangkat seluler, kita diminta mengirimkan kode yang tampil setelah mengklik Tambah perangkat seluler ke alamat yang diberikan Blogger pada menu munculan. Untuk mempublikasikan tulisan melalui email, kita perlu memberikan kode di dalam kotak kode rahasia yang nanatinya nebjadi alamat ke mana tulisan dikirim melalui email (menjadi alamat email tulisan kita di @blogger.com). Kotak Email pemberitahuan komentar merupakan alamat email yang akan mendapat kiriman setiap ada pengunjung yang mengomentari blog, sedangkan kotak Email entri ke memuat alamat email orang yang kita beritahu bahwa kita telah mempublikasikan komentar. Sebaiknya kotak terakhir ini dibiarkan kosong supaya kita tidak mengganggu orang lain, kecuali yang bersangkutan meminta.

Pilihan yang penting untuk kita setel pada kelompok Bahasa dan pemformatan adalah Bahasa dan pilihan Zona waktu. Untuk pilihan bahasa, pilih bahasa yang kita gunakan, sedangkan untuk zona waktu pilih zona waktu tempat tinggal kita (GMT+07:00 untuk WIB, GMT+08:00 untuk WITA, dan GMT+09:00 untuk WIT). Untuk kelompok Preferensi penelusuran, lakukan penyetelan pilihan Deskripsi dan pilihan Pesan Khusus untuk Laman tidak ditemukan. Untuk pilihan Deskripsi, tulisan deskripsi singkat blog kita untuk memperkenalkan diri kita kepada mesin pencari. Tuliskan ciri-ciri singkat mengenai blog kita, bukan mengenai diri kita, misalnya blog mengenai usaha kecil toko online di Kupang, blog mengenai desa Fatumnasi di lereng Gunung Mutis, dsb. Pesan Khusus untuk Laman tidak ditemukan diisi dengan pesan permintaan maaf bila setelah pengunjung mengklik laman ternyata tidak menemukan yang dicari.


Kelompok Lainnya memberikan pilihan penyetelan Alat blog, Umpan situs, OpenID, Konten dewasa, ID properti untuk Web Analytics. Pada pilihan Alat blog kita dapat mengekspor, mengimpor, dan menghapus blog. Pada pilihan Umpan situs, kita dapat menyetel sindikasi blog, arah feed, dan situs yang dapat melihat URL kita. Penyetelan ini perlu saya jelaskan tersendiri nanti pada tulisan saya berikutnya. Demikian juga dengan pilihan ID Properti untuk Web Analytics. Pada pilihan Konten Dewasa, pilih Tidak bila kita tidak akan menampilkan tulisan yang memuat hal-hal yang hanya boleh dibaca atau dilihat oleh orang dewasa.

Untuk sementara, kita sudah selesai melakukan penyetelan blog kita. Seterusnya kita perlu mmembuat tulisan untuk publikasi di blog kita. Tulisan kita adalah bagian yang terpenting dalam blog. Penyetelan blog kita lakukan untuk memungkinkan orang dapat mengakses tulisan kita dengan nyaman. Selebihnya, bergantung pada selera masing-masing, apakah kita menginginkan blog yang tampil sederhana dan memudahkan pengunjung untuk melakukan navigasi atau blog yang tampil ruwet. Ada blogger yang pernah mengatakan kepada saya bahwa dia sengaja membuat blog ruwet untuk membuat pengunjung terus mengklik. Kalau saya, saya akan mengklik keluar dari blog yang tampil ruwet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih Anda telah meluangkan waktu untuk menyampaikan komentar ...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...